Wilda Salima, 210209093 (2025) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SIDANG REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SIDANG REVISI - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di MIN 20 Aceh Besar ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya kerja sama peserta didik dalam kelompok, kurang bertanggung jawab pada tugas kelompok, dan tampak memilih-milih teman untuk dijadikan anggota kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas pserta didik, dan kemampuan kerja sama maupun hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berkelompok dengan menerapkan model project based learning pada kelas V MIN 20 Aceh Besar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, subjek penelitian sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta lembar rubrik penilaian kerja sama peserta didik, dan tes hasil belajar yang dianalisis menggunkan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari 76,78% pada siklus I menjadi 83,92% pada siklus II, dan mencapai keberhasilan pada siklus III dengan persentase 90,17%. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai persentase 74,10% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, dan mencapai keberhasilan pada siklus III dengan persentase 92,85%. Kemampuan kerja sama peserta didik pada siklus I memperoleh nilai persentase 54,54% meningkat pada siklus II menjadi 72,72%, dan mencapai keberhasilan pada siklus III dengan memperoleh nilai persentase 87,87%. Untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 75,75% pada siklus I menjadi 84,84% pada siklus II, dan mencapai keberhasilan pada siklus III dengan persentase ketuntasan 90,90%. Maka oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wilda Salima |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 09:26 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 09:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44656 |