Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan Menurut Akad Ijârah ‘Ala Al-‘Amâl (Studi Pada PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh)

Cinta Abdilawati Hutapea, 210102045 (2025) Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan Menurut Akad Ijârah ‘Ala Al-‘Amâl (Studi Pada PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan] Text (Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan)
Skripsi Cinta Abdilawati H. Selesai.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan] Text (Kajian Kinerja Sales Dan Relasinya Dengan Performa Perusahaan)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran penting sales dalam kinerja penjualan di PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh, yang dipengaruhi oleh strategi pemasaran, sistem kompensasi, dan insentif. Fokus utama dari penelitian ini adalah tentang sistem kinerja sales serta sistem penetapan target penjualan di PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologis normatif untuk memahami fenomena sosial terkait regulasi ketenagakerjaan dan interaksi dalam perusahaan. Sales merupakan pihak garda terdepan untuk menghasilkan output berupa profit dari Perusahaan. Kinerja sales merupakan faktor utama dalam pencapaian target penjualan dan pengembangan bisnis perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa untuk menghasilkan kinerja yang baik maka setiap sales diberikan pembebanan kinerja dengan jumlah target yang berbeda-beda sesuai wilayah kerja masing-masing dan sesuai dengan jumlah siswa yang berada di sekolah yang dituju oleh para sales. PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh membagi wilayah pemasarannya menjadi 17 cabang untuk memperluas distribusi dan meningkatkan layanannya. Pembagian tersebut memberikan kesempatan untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan karakteristik daerah masing-masing. Namun dalam sistem pengupahan dan pembagian insentif yang ditetapkan oleh PT Masmedia Buana Pustaka Cabang Aceh bertentangan dengan akad ijârah 'ala al-'amâl sebagai akad pengupahan dan ketenagakerjaan dalam fiqh muamalah, karena sistem tersebut tidak menciptakan keadilan dalam pengupahan dan pembagian insentif yang sesuai dengan prinsip Islam. Dengan penerapan akad ijârah 'ala al-'amâl, maka perusahaan diharapakan dapat meningkatkan motivasi kerja serta produktivitas penjualan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai target secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cinta Abdilawati Hutapea
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:11
Last Modified: 30 Apr 2025 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44682

Actions (login required)

View Item
View Item