Problema Pembelajaran Tahfizh al-Qur'an di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar

Siti Adha, 211222355 (2017) Problema Pembelajaran Tahfizh al-Qur'an di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Problema Pembelajaran Tahfizh al-Qur'an]
Preview
Text (Membahas tentang Problema Pembelajaran Tahfizh al-Qur'an)
Siti Adha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menghafal al-Qur’an adalah suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw, dan ini merupakan perbuatan yang sangat mulia di hadapan Allah. Sekarang pelajaran Tahfizh al-Qur’an sudah menjadi kurikulum lokal di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar, namun beberapa masalah pun terjadi pada pembelajaran Tahfizh al-Qur’an seperti masih ada siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan lancar. Sebagaimana diketahui tahap awal ketika ingin menghafal al-Qur’an yaitu terlebih dahulu harus bisa membacanya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah problema pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar dan upaya untuk mengatasi problema pembelajaran tahfizh al-Qur’an di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi sedangkan data yang diperoleh melalui angket dianalisis melalui rumusan statistik sederhana. Hasil penelitian ditemukan bahwa problema yang terjadi pada pembelajaran Tahfizh al-Qur’an ialah sebagian besar siswa belum lancar membaca al-Qur’an, sering tidak mengerjakan tugas yang diberikan, malas mengulang hafalan dan banyak yang tidak memperoleh nilai bagus pada pelajaran Tahfizh al-Qur’an. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi dengan cara membimbing siswa membaca al-Qur’an dengan lancar, guru menyemangati siswa untuk selalu belajar dengan sungguh-sungguh, guru Tahfizh al-Qur’an menceritakan bagaimana keutamaan seorang penghafal al-Qur’an, guru Tahfizh memberitahu bahwa melakukan maksiat dapat menghalangi menghafal al-Qur’an, guru Tahfizh al-Qur’an mengevaluasi hafalan al-Qur’an siswa. Maka dapat disimpulkan walaupun adanya masalah yang terjadi pada pembelajaran Tahfizh al-Qur’an, namun berbagai upaya untuk mengatasinya pun dilakukan meskipun belum menuai hasil seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Bachtiar Ismail, MA 2. Sri Astuti, MA
Uncontrolled Keywords: Problema Pembelajaran, Tahfizh al-Qur'an, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.7 Musabaqah Tilawatil Qur'an, Hafalan Al-Quran, Cerdas Cermat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siti adha adha siti
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:36
Last Modified: 15 Aug 2018 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item
View Item