Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Rahmah Mutia, 200209070 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two)
SKRIPSI RAHMAH MUTIA FIX 2 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two)
SKRIPSI RAHMAH MUTIA FIX 2 (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dari data hasil observasi belajar siswa memperoleh hasil belajar yang belum optimal, masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooporatif tipe two stay two stray di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 82,50% kategori baik sekali dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 94,80% kategori baik sekali. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai persentase 81,60% kategori baik sekali, meningkat pada siklus II 95,60% dengan kategori baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa siklus I nilai persentase 61,90% dengan kategori cukup, dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 85,70% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooporatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmah Mutia
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:18
Last Modified: 30 Apr 2025 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44702

Actions (login required)

View Item
View Item