Lisa Safira, 210209056 (2025) Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I - LISA SAFIRA - 210209056.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (977kB)
![[thumbnail of Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LISA SAFIRA - 210209056.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Bedasarkan hasil observasi siswa kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong terdapat permasalahan pada hasil belajar. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dan kurang ketersediannya media dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk memaksimalkan hasil belajar dengan menggunakan metode index card match yang menuntut siswa untuk aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)Menganalisis aktivitas guru dengan menerapkan metode index card match, (2) Menganalisis aktivitas siswa dengan menerapkan metode index card match (3)Menganalisis peningkatan hasil belajar IPAS setelah menerapkan metode index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar dengan jumlah 22 siswa. Data yang dikumpulkan melalui: (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai persentase yaitu 70% kategori baik dan pada siklus II diperoleh nilai persentase 89, 17% kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 75,17% dengan kategori baik, terjadi peningkatan pada aktivitas siswa siklus II memperoleh nilai persentase 90,25% kategori baik sekali. (3) Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai 63,63% kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan nilai persentase 86,36% pada kategori baik sekali. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lisa Safira |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:53 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44710 |