Zahratul Salwa, 210209100 (2025) Penerapan Model Problem Based learning Berbantuan Media Neraca Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah Kelas IV MIN 9 Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Based learning Berbantuan Media Neraca Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zahratul Salwa, 210209100, FTK, PGMI, 082273826590.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (25MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Based learning Berbantuan Media Neraca Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa adalah kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran dan media belajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media neraca di kelas IV MIN 9 Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 89,28% (baik sekali) dan terus mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 95,23% (baik sekali). Hasil analisis data lembar aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78,40% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 85,71% (baik sekali) dan terus mengalami peningkatan di siklus III menjadi 92,85% (baik sekali). Hasil tes pemahaman Konsep pada siklus I yaitu 67,54% (cukup), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,97% (baik) dan terus mengalami peningkatan di siklus III dengan persentase 98,24% (baik sekali) dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Neraca dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep bilangan cacah Kelas IV MIN 9 Aceh Barat Daya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zahratul Salwa |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44713 |