Rika Amanda, 210206138 (2025) Peran Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Dalam Pengelolaan Tata Tertib Peserta didik di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Wakil Kepala Madrasah, Manajemen Kesiswaan Dan Tata Tertib Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rika Amanda, 210206138, FTK, MPI, 082387031165.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Wakil Kepala Madrasah, Manajemen Kesiswaan Dan Tata Tertib Peserta Didik]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rika Amanda, 210206138, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Peran Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan sangat penting, karena mereka bertanggung jawab untuk menegakkan tata tertib serta memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya kedisiplinan. Program-program yang dirancang untuk meningkatkan kedisiplinan siswa sering kali tidak dilaksanakan secara konsisten atau bahkan terabaikan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui perencanaan tata tertib yang dilakukan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pengelolaan tata tertib peserta didik di MAN 1 Aceh Besar, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib yang dilakukan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pengelolaan tata tertib peserta didik di MAN 1 Aceh Besar, (3) Untuk mengetahui evaluasi tata tertib yang dilakukan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pengelolaan tata tertib peserta didik di MAN 1 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melaului observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wakil Kepala Madrasah memiliki peran strategis dalam pengelolaan tata tertib peserta didik, meliputi: (1) Perencanaan tata tertib yang dilakukan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan ialah dengan mengevaluasi tata tertib sebelumnya, melakukan penyusunan tata tertib sesuai dengan kebutuhan dan keadaan siswa, hingga penerapan tata tertib peserta didik, (2) Pelaksanaan tata tertib yang dilakukan ialah dengan mensosialisasikan tata tertib, melakukan pengawasan, pemberian sanksi dan juga proses pembinaan siswa, serta (3) Evaluasi tata tertib yang dilakukan ialah dengan mengumpulkan data-data pelanggaran , menganalisis faktor pelanggaran, penyusunan rencana perbaikan serta tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rika Amanda |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 03:11 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44719 |