Rizka Amalia, 210209179 (2025) Pengaruh Penerapan Model Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rizka Amalia sudah Revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
![[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rizka Amalia sudah Revisi - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (15MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti, didapatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa masih tergolong rendah, dikarenakan proses penyelesaian yang rumit dan memiliki bentuk kalimat yang berbeda-beda. Soal cerita matematika menuntut pemahaman terhadap konteks dan penerjemah ke dalam bentuk metematika, sehingga sangat penting bagi siswa untuk memiliki seseorang yang mampu memberikan penjelasan secara sederhana. Model tutor sebaya merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan siswa dengan kemampuan tinggi untuk membantu temannya dalam memecahkan masalah, dengan memberikan penjelasan ulang kepada temannya menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan dekat dengan cara berpikir siswa. Adapun penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada sekolah dasar berstatus negeri di kecamatan Darussalam dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V di SD Negeri Ujong Kuta sebanyak 25 siswa dan siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Selamat sebanyak 7 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa soal essay yang sesuai dengan indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan jenis Independent Sample t-test menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan analisis data pada skor post-test siswa di dapatkan hasil nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003, yang dimana nilai Sig (2-tailed)< 0,05. Dengan hasil tersebut terjadi penolakan dan penerimaan maka berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model tutor sebaya berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas v Sekolah Dasar berstatus Negeri di kecamatan Darussalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rizka Amalia |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:20 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44720 |