Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur

Nurhafifah, 210209101 (2025) Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur] Text (Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur)
Skripsi Final Nurhafifah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur] Text (Pengaruh Media Realia Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur)
Skripsi Final Nurhafifah - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah bidang studi yang mengintegrasikan aspek ilmu alam dan ilmu sosial untuk memahami lingkungan sekitar dan fenomena kehidupan. Karena dalam konteks IPAS, pemahaman konsep menjadi aspek penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah. Oleh karena itu kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaiki, salah satunya dengan menggunakan media realia melalui model inkuiri terbimbing yang sangat relevan dalam pembelajaran IPAS. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga melatih keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan observasi yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur dan yang menjadi sampel kelas IV-A dan Kelas IV-B. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan konsep. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media realia melalui model inkuiri terbimbing berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 7 Idi Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurhafifah Nurhafifah
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:40
Last Modified: 30 Apr 2025 07:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44721

Actions (login required)

View Item
View Item