Fandi Gusti Mulyawan, 200401022 (2025) Analisis Kredibilitas Akun Instagram @Quranreview Sebagai Media Dakwah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
![[thumbnail of Analisis Kredibilitas Akun Instagram @Quranreview Sebagai Media Dakwah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fandi Gusti Mulyawan (200401022) SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Analisis Kredibilitas Akun Instagram @Quranreview Sebagai Media Dakwah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Zaman digital saat ini, penyampaian dakwah telah mengalami transformasi signifikan. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial paling populer, memberikan kesempatan bagi individu dan organisasi untuk membagikan pesan keagamaan. Salah satu akun yang muncul adalah akun Instagram @Quranreview memanfaatkan fitur seperti foto dan video untuk menjangkau audiens supaya lebih informatif dan beragam. Namun dengan banyaknya akun dakwah yang bermunculan, tantangan terkait kredibilitas pesan yang disampaikan pun semakin meningkat, lalu penjelasan detail akun Instagram @Quranreview mengenai latar belakang pendidikan tim pengelola dan verifikasi konten masih belum transparan. Kredibilitas di instagram saat ini sangat penting karena dapat memengaruhi cara pandang dan pemahaman pengikut dari akun @Quranreview terhadap ajaran agama Islam. Dengan demikian, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah pada postingan akun instagram @Quranreview dan untuk mengetahui faktor-faktor kredibiltas akun instagram @Quranreview. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dengan pendekatan teori media kekayaan. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis konten pada posttingan dakwah yang dimuat pada akun Instagram
@Quranreview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui postingan instagram, isi pesan yang diunggah melalui platform instagram
@Quranreview. Terdapat beragam isi pesan dakwah, diantaranya akidah, syariah, dan juga akhlak, Media sosial Instagram akun @Quranreview sebagai media dakwah, juga telah menerapkan empat kriteria penting kredibilitas kekayaan media yaitu kesegeraan, keragaman isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fandi Gusti Mulyawan |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:00 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44722 |