Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara

Aldi Ertosa Al Rasyidi, 210201050 (2025) Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara] Text (Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara)
SKRIPSI (Revised) - Done.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara] Text (Pengaruh Intensitas Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara)
SKRIPSI (Revised) - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Game Online telah menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer, terutama di kalangan siswa. Intensitas Game Online mengacu pada hal seberapa sering Game Online dimainkan. Intensitas bermain yang tidak terkendali berpotensi menyebabkan kecanduan yang dapat berdampak pada pola pikir dan perilaku siswa. Salah satu dampak yang paling dikhawatirkan dari kecanduan Game Online adalah penurunan prestasi akademik siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, terdapat indikasi penurunan prestasi belajar siswa yang berada di SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh intensitas Game Online terhadap prestasi belajar siswa SMPN 2 Lhoksukon di Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh intensitas Game Online terhadap prestasi belajar siswa SMPN 2 Lhoksukon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi, kemudian data-data tersebut dianalisis melalui analisis kuantitatif dengan cara mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada untuk menggambarkan fenomena yang terjadi serta teknik analisis korelasi yang meliputi beberapa uji statistik dengan menggunakan pengujian instrumen (uji validitas & uji reliabilitas) serta uji regresi linear sederhana (uji determinasi & uji signifikansi). Hasil penelitian terhadap kelas VII, VIII dan IX ditemukan bahwa, pengaruh yang dihasilkan adalah sebesar 80,9% yang menandakan bahwa perilaku kecanduan Game Online mempengaruhi prestasi belajar siswa SMPN 2 Lhoksukon dan sisanya sebesar 19,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penilitian ini. Interpretasi data menunjukkan tingkat kecanduan Game Online masuk ke dalam kategori tinggi yaitu 76,81% dan tingkat penurunan prestasi belajar sebesar 75,43%. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa teori beban kognitif yang dikemukakan oleh John Sweller dan teori defisit inhibitori oleh Hasher dan Zacks. Dalam kedua teori tersebut, konsekuensi dari beban pikiran yang berlebih dapat memperburuk kapasitas kinerja otak siswa sehingga dibutuhkan perancangan kurikulum dan metode pengajaran yang menarik. Kemudian siswa dengan defisit inhibitorik sering kali mengalami beberapa tantangan dalam belajar, seperti kesulitan untuk menahan keinginan impulsif, sehingga mereka mudah kehilangan fokus dalam pembelajaran. Dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (17,441 > 1,993) jika disimpulkan maka, Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh intensitas Game Online terhadap prestasi belajar siswa SMPN 2 Lhoksukon, Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldi Ertosa Al Rasyidi
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:29
Last Modified: 30 Apr 2025 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44737

Actions (login required)

View Item
View Item