Muhammad Martunis, 200201029 (2025) Strategi Dosen Mata Kuliah Fiqh Muqarran Dalam MeningkatkanMotivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Strategi dan motivasi, Dosen Pendidikan Agama Islam, Fiqh Muqarran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
APLOD BESOK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Strategi dan motivasi, Dosen Pendidikan Agama Islam, Fiqh Muqarran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
APLOD BESOK-1-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Strategi dosen adalah cara atau pendekatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Dalam dunia pendidikan, strategi dosen memegang peran penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan bermakna. Para ahli pendidikan di Indonesia telah banyak berkontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa di berbagai tingkatan.Strategi pembelajaran adalah aspek utama dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk dalam mata kuliah Fiqh Muqarran yang melibatkan dosen dan mahasiswa angkatan 21. Dosen dituntut untuk menerapkan strategi khusus yang mampu membangkitkan semangat dan motivasi belajar mahasiswa, mengingat banyak mahasiswa belum siap secara materi dan mental, sehingga sering kebingungan dalam memahami pembelajaran. Bagaimana strategi dosen mata kuliah Fiqh Muqarran dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa? Apa saja kendala dosen Fiqh Muqarran dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa? Bagaimana upaya dosen Fiqh Muqarran dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa ? Penelitian kualitatif ini bertujuan memahami secara mendalam strategi dosen dan dampaknya terhadap motivasi belajar mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta metode yang membangkitkan semangat mahasiswa seperti diskusi, presentasi, dan studi kasus. Untuk meningkatkan minat dan semangat mahasiswa, dosen memanfaatkan PowerPoint dan media audio-visual, serta mengaitkan materi dengan isu-isu aktual seperti perkembangan hukum Islam dalam konteks modern. Pendekatan ini membuat pembelajaran lebih relevan dan kontekstual, meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran.Strategi ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa.Adapun faktor pendukung yaitu fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman dasar mahasiswa dan ketergantungan pada Google.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Martunis |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:12 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44739 |