Perilaku Muzakki Menggunakan Layanan M-Banking Dengan Behavior Intention Sebagai Variabel Intervening

Nasyatil Fitria, 201008041 (2024) Perilaku Muzakki Menggunakan Layanan M-Banking Dengan Behavior Intention Sebagai Variabel Intervening. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Zakat Digital, M-banking , UTAUT] Text (Zakat Digital, M-banking , UTAUT)
Nasyatil Fitria, 201008041, PASCA, ES, 085260643556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Zakat Digital, M-banking , UTAUT] Text (Zakat Digital, M-banking , UTAUT)
Nasyatil Fitria, 201008041, PASCA, ES.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku muzakki menggunakan layanan digital m-banking untuk membayar zakat dengan menggunakan teori penerimaan dan penggunaan teknologi (UTAUT) dimana behavioral intention sebagai variable intervening. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan populasi berupa masyarakat yang berzakat menggunakan m-banking pada bank syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan memakai rumus Malhotra yaitu dengan mengalikan jumlah sub variable dengan 5. Metode analisis data menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 4.1. dari beberapa hipotesis yang diajukan, hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel Performance expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, secara langsung berpengaruh terhadap behavior intention. Sedangkan effort expectancy tidak berpengaruh terhadap behavior intention. Variabel Performance expectancy, effort expectancy ,Social Influence, dan behavior intention berpengaruh terhadap usage adoption, sedangkan Facilitating Condition tidak berpengaruh. Secara langsung terhadap usage adoption. Hasil hipotesis untuk pengaruh secara tidak langsung menunjukkan bahwa Performance expectancy, Social Influence, Facilitating Condition berpengaruh terhadap usage adoption melalui variabel behavior intention, sedangkan effort expectancy tidak berpengaruh terhadap usage adoption melalui variabel behavioral intention

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nasyatil Fitria
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:39
Last Modified: 30 Apr 2025 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44742

Actions (login required)

View Item
View Item