Rizka Febry Fadhillah, 180802020 (2025) Standar Pelayanan Pajak Kendaraan Drive Thru Di UPTD Wilayah I Bersama Samsat Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of standar pelayanan, pajak, drive thru]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizka Febry Fadhillah, 180802020, FISIP, IAN, 085214037758.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of standar pelayanan, pajak, drive thru]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizka Febry Fadhillah, 180802020, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Standar pelayanan merupakan pedoman yang wajib diterapkan dan dilaksanakan dalam proses pelayanan, agar mendapatkan pelayanan yang baik. Pajak merupakan iuran yang wajib masyarakat bayarkan kepada negara. Standar pelayanan juga diterapkan salah satunya pada proses pembayaran pajak kendaraan di Kantor Samsat Kota Banda Aceh. Kantor Samsat Kota Banda aceh menerapkan sistem pembayaran pajak kendaraan melalui sistem drive. Pembayaran pajak melalui sistem drive thru sangat memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan standar pelayanan publik pada pajak kendaraan dengan sistem Drive Thru di Kantor Samsat Kota Banda Aceh dan apa saja hambatan dalam penerapan standar pelayanan publik pada Drive Thru dari instansi maupun masyarakat di UPTD Wilayah-I Kantor Bersama Samsat Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan standar pelayanan publik pada pajak kendaraan dengan sistem drive thru dan hambatan apa saja yang diterima oleh instansi dan masyarakat. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pelayanan yang diterapkan pada pembayaran pajak melalui sistem drive thru sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan standar pelayanan yang ada. Namun dari segi sarana dan prasarana akan dilakukan penambahan drive thru agar lebih memudahkan masyarakat. Nantinya pembayaran pajak melalui sistem drive thru akan dipisahkan menjadi 2 yaitu kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4. Hambatan pembayaran pajak melalui sistem drive thru yang dialami oleh instansi hanya mengenai jaringan saat pelaksanaan pembayaran saja. Sementara hambatan yanng dialami masyarakat saat ini adalah cuaca yang tidak mendukung seperti hujan dan panas. Saat ini pengendara roda 4 juga mengalami sedikit kendala karena saat ini pembayaran drive thru berada disebelah kiri. Namun saat ini samsat banda aceh akan segera melakukan penambahan drive thru terbaru untuk pengguna roda 4
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Rizka Febry Fadhillah |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 07:31 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 07:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44765 |