Rizka Mutia, 200209161 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Tanjung Selamat Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Tanjung Selamat Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKA MUTIA - 200209161.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Tanjung Selamat Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I RIZKA MUTIA - 200209161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN Tanjung Selamat ditemukan permasalahan terkait hasil belajar siswa yang rendah khususnya pada mata pelajaran matematika dengan nilai rata-rata siswa banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan. Hal ini dikarenakan saat proses pembelajaran berlangsung penggunaan model dan media belum diaplikasikan sehingga proses pembelajaran menjadi tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian terdiri dari tiga siklus pada setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. KKM yang telah ditetapkan 70 dengan ketuntasan klasikal 75%. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 58% dengan kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 79% kategori baik. Pada siklus III lebih meningkat dengan persentase 95% pada kategori baik sekali. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan persiklusnya, pada siklus I persentase yang diperoleh adalah 42%, pada siklus II dengan persentase 58,33% dan meningkat pada siklus III dengan persentase 83,33%. Hasil post tes menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa tergolong pada kriteria baik sekali dengan persentase 91,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model team game tournament berbantuan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun datar di kelas III SDN Tanjung Selamat Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rizka Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 09:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 09:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44773 |