Syifa Uzikra, 210201081 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di MIN 20 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syifa Uzikra, 210201081, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Request a copy
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di MIN 20 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syifa Uzikra, 210201081, FTK, PAI - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Problem based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, densgan menggunakan permasalahan nyata sebagai langkah awal dalam pembelajaran. Tujuan utamanya untuk melatih keterampilan berpikir kritis, bekerja sama, dan mampu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, khususnya materi akhlak terpuji di kelas III MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal pretest dan postest, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan setelah penerapan model PBL. Aktivitas guru meningkat dari 72,92% menjadi 92,71%, aktivitas siswa dari 70,65% menjadi 90,21% pada siklus II, dan hasil belajar siswa dari 51,42% pada siklus I menjadi 91,42% pada siklus ke II. Kesimpulannya, bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning secara efektif mampu meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi akhlak terpuji seperti pantang menyerah, pemberani, dan tolong menolong.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Akidah Akhlak. |
Subjects: | 200 Religion (Agama) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syifa Uzikra |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 05:42 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 05:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44778 |