Elvia Rahimi, 200209059 (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa SD/MI. Other thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengembangan, Video Pembelajaran, Kearifan Lokal]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Elvia Rahimi, 200209059, FTK, PGMI, 082276989874.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Pengembangan, Video Pembelajaran, Kearifan Lokal]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Elvia Rahimi, 200209059, FTK, PGMI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis kearifan lokal Indonesia yang relevan dan efektif untuk siswa SD/MI. Video pembelajaran dirancang berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru, serta analisis kebutuhan dari angket siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define, ditemukan kebutuhan siswa akan media yang interaktif dan kontekstual. Pada tahap design, video pembelajaran dirancang menggunakan aplikasi Canva untuk menyajikan materi yang menarik dan relevan. Tahap develop melibatkan validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, yang diikuti dengan revisi untuk menyempurnakan produk. Selain itu, kepraktisan video dinilai oleh guru kelas untuk memastikan kesesuaiannya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata dari ahli media sebesar 93,3%, ahli materi 88,3%, dan ahli bahasa 80%. Uji kepraktisan oleh guru kelas IV menunjukkan skor 99%. rata-rata keseluruhan dari validator dan uji kepraktisan yaitu 90,15%, yang dikategorikan sebagai “Sangat Layak”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elvia Rahimi |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:23 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 08:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44803 |