Mariyani, 210209150 (2025) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 68 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
yudisium.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
yudisium - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Ditemukan permasalahan hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak siswa mengalami kesulitan belajar dan tidak memperhatikan guru. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dan kurang aktif untuk belajar maka dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 68 Banda Aceh? Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual di kelas IV SD Negeri 68 Banda Aceh? Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif jigsaw berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 68 Banda Aceh? Jenis metode penelitian tindakan kelas ini melibatkan 22 peserta didik. Aktivitas guru meningkat dari 89,28% pada siklus I dan mencapai 96,42% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas peserta didik meningkat dari 86,90% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 92,85% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 72,72% pada siklus I, dan mencapai keberhasilan pada siklus II dengan persentase ketuntasan 90%. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 68 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mariyani Mariyani |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44808 |