Nafila Zahra, 190802090 (2025) Peran Dan Strategi Dinas Koperasi Dan UKM Dalam Meningkatkan Pemasaran Kopi Arabika Di Kabupaten Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pemasaran Kopi Arabika, Strategi Dinas Koperasi dan UKM, Tantangan dan Peluang Ekspor]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nafila Zahra, 190802090, FISIP, IAN, 081259280580.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Pemasaran Kopi Arabika, Strategi Dinas Koperasi dan UKM, Tantangan dan Peluang Ekspor]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nafila Zahra, 190802090, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbesar memiliki kopi Arabika berkualitas dari Bener Meriah Provinsi Aceh. Kopi ini telah diakui secara internasional. Meskipun produksinya melimpah, pemasaran kopi menghadapi kendala seperti saluran distribusi panjang dan fluktuasi harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Koperasi dan UKM dalam meningkatkan pemasaran kopi Arabika di Kabupaten Bener Meriah, mengingat potensi besar produksi kopi yang terkendala oleh masalah pemasaran, seperti panjangnya saluran distribusi dan fluktuasi harga. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk meningkatkan daya saing kopi Arabika Bener Meriah di pasar lokal dan internasional. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan strategi yang diterapkan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bener Meriah dalam memasarkan kopi Arabika telah memberikan hasil positif. Strategi tersebut mencakup promosi melalui media sosial, partisipasi dalam event lokal dan internasional, penguatan kapasitas sumber daya manusia untuk ekspor, penerapan sertifikasi berkelanjutan, serta kolaborasi dengan mitra lokal dan internasional. Teknologi digital juga dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan anggaran promosi, kendala logistik, dan dampak perubahan iklim, peluang besar seperti sertifikasi dan kolaborasi strategis dapat dioptimalkan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan serta daya saing kopi Arabika di pasar global
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Nafila Zahra |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:27 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 08:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44834 |