T. Zul Ilham Fajri, 180604160 (2025) Analisis Pengaruh Marketing Mix, Lingkungan Sosial Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Meulaboh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas Tentang Analisis Pengaruh Marketing Mix, Lingkungan Sosial Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Meulaboh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi T. Zul Ilham Fajri Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Membahas Tentang Analisis Pengaruh Marketing Mix, Lingkungan Sosial Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Meulaboh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi T. Zul Ilham Fajri Cover dan Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Meningkatnya penetrasi internet di Indonesia memunculkan pergeseran teknologi pemasaran. Hal ini juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yang memanfaatkan teknologi berbasis online untuk berbelanja. Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan yang melibatkan pilihan diantara dua atau lebih alternatif untuk melakukan pembelian. Dalam pembelian secara online konsumen cenderung memperhatikan produk-produk yang ditawarkan, harga yang terjangkau serta promosi/iklan yang menarik yang ditawarkan oleh para penjual dari platform online. Selain itu, pengaruh dari orang-orang terdekat dan faktor psikologis juga ikut mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix, lingkungan sosial, dan psikologis terhadap keputusan pembelian online di Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel marketing mix (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Meulaboh (Y) dibuktikan dengan n hasil nilai t-hitung sebesar 2.288 dan nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0.024. Selanjutnya untuk variabel lingkungan sosial (X2) dinyatakan berpengaruh sifnifikan terhadap keputusan pembelian online di Meulaboh dibuktikan dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 4.766 dan nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-hitung < nilai t-tabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai 0.05. adapun untuk variabel psiklogis (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online di Meulaboh (Y) dengan nilai t-hitung variabel psikologis sebesar 3.741 dan nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung < nilai ttabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai 0.05. Secara simultan variabel marketing mix (X1), lingkungan sosial (X2) dan psikologis (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online di Meulaboh (Y) dengan nilai Nilai Adjusted R Square sebesar 0,844 atau 84,4%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Marwiyati, SE., MM II : Jalilah, S.H.I.,M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologis, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | T. Zul Ilham Fajri |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 10:21 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 10:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44858 |