Milla Aulia Umay, 210401043 (2025) Pengaruh Penggunaan Second Account Instagram Terhadap Ekspresi Diri Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Second Account Instagram Terhadap Ekspresi Diri Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MILLA AULIA UMAY 210401043 Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Second Account Instagram Terhadap Ekspresi Diri Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MILLA AULIA UMAY, 210401043 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena adanya mahasiswa menggunakan akun kedua (second account) sebagai cara yang alternatif untuk berkomunikasi secara lebih bebas daripada akun utama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengguna akun kedua instagram terhadap ekspresi diri mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini melibatkan 51 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2023 yang aktif dalam menggunakan akun kedua instagram. Data ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, dan data dianalisis dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna second account instagram terhadap ekspresi diri mahasiswa sangat berpengaruh. Seperti yang ditunjukkan oleh nilai koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,399% dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan second account instagram (X) terhadap ekspresi diri (Y) adalah 39,9%. Iindikator yang paling signifikan adalah self-promotion. Mahasiswa lebih bebas dalam menampilkan pencapaian, kemampuan, serta sisi positif yang tidak mereka tampilkan di akun pertama.
Kata kunci: Second account Instagram, Ekspresi Diri, Self-presentation, Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Milla Aulia Umay |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 10:23 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 10:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44868 |