METODE SELF MANAGEMENT MAHASISWA DALAM MEMBAGI WAKTU ANTARA PERKULIAHAN DAN ORGANISASI DI HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Nazib, 180402037 (2025) METODE SELF MANAGEMENT MAHASISWA DALAM MEMBAGI WAKTU ANTARA PERKULIAHAN DAN ORGANISASI DI HIMPUNAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Self manajemen, Perkuliahan, Organisasi] Text (Self manajemen, Perkuliahan, Organisasi)
Nazib, 180402037, FDK, BKI, 082383743713.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Self manajemen, Perkuliahan, Organisasi] Text (Self manajemen, Perkuliahan, Organisasi)
Nazib, 180402037, FDK, BKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Self management sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap individu dan harus dikelola dengan baik karena self management yang baik akan membawa individu ke hal yang baik juga. Pada hakikatnya, self management akan mengatur aktivitas- aktivitas individu dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan pengelolaan self management yang baik maka tingkat keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuannya juga semakin baik karena dengan self management yang baik tersebut namun di zaman sekarang dengan banyaknya kegiatan dan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari mengakibatkan banyak orang tidak bisa mengontrol self management diri dengan baik, alhasil banyak pekerjaan yang tidak terselesaikann dan sering terlambat maupun menunda-nunda waktu khususnya mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self management mahasiswa dalam membagi waktu antara perkuliahan dan organisasi di Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (HMBKI) dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung bagi mahasiswa HMBKI dalam mengatur waktu perkuliahan antara ekstrakurikuler HMBKI dan non ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan. Subjek penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) yang diambil dengan teknik pemilihan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) gambaran self management mahasiswa BKI dalam membagi waktu tergolong baik dengan didasarkan pada komponen-komponen self management yaitu self monitoring, self reward, self contracting, dan stimulus control. (2) faktor pendukung pembentukan self management pada mahasiswa BKI adalah komitmen yang baik, diri pribadi yang mengarah pada hal yang baik, keluarga, dan lingkungan pertemanan yang mengarah kepada hal baik sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas, diri pribadi yang mengarah kepada hal buruk, lingkungan pertemanan yang mengarah ke hal buruk, dan masalah-masalah yang terjadi baik dari internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nazib Nazib
Date Deposited: 07 May 2025 07:39
Last Modified: 07 May 2025 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44881

Actions (login required)

View Item
View Item