Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Nurliza Hesti, 180503136 (2025) Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
NURLIZA_HESTI,_180503136,_Strategi_pengembangan_kompetensi_pustakawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Di Era Disrupsi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat menimbulkan kekhawatiran akan terdisrupsinya peran pustakawan oleh kemajuan teknologi. pada observasi awal ditemukannya masih adanya pustakawan yang belum menguasai teknologi digital secara optimal serta mengikuti pengembangan kompetensi hanya untuk sertifikat saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kompetensi yang diterapkan dan mengkaji faktor pendukung serta penghambat dalam proses pengembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian adalah 5 staff di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, meliputi Kepala Dinas, Sekretariat dinas, Kabid pembinaan, Seksi Pembinaan, dan Seksi Otomasi Perpustakaan. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kompetensi pustakawan dilaksanakan melalui: a) Pengembangan kemampuan teknis, dengan cara penguasaan sistem informasi perpustakaan (Integrated Library Systems – ILS), pengelolaan sumber daya digital, manajemen konten atau situs web perpustakaan. b) Pengembangan teoritis yaitu sosialisasi peraturan perundang-undangan, pemagangan pusatakawan, dan sertifikasi pustakawan, c) pengembangan konseptual, melalui bimbingan teknis transformasi perpustakaan, d) pengembangan moral pustakawan dilakukan dengan cara sosialisasi service excelent. Faktor pendukungnya adalah kolaborasi dengan lembaga terkait, fasilitas yang memadai, dukungan pimpinan serta kemudahan teknologi, untuk faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi ini adalah anggaran, motivasi pustakawan, kuota yang terbatas serta perkembangan teknologi yang cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nurliza Hesti
Date Deposited: 02 May 2025 03:15
Last Modified: 02 May 2025 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44924

Actions (login required)

View Item
View Item