Cut Maulida Rahmah TM, 210210003 (2025) Analisis Penggunaan Asesmen Formatif Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Jurnal Murhum : Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 1-10. ISSN 2723-6390 (Submitted)
![[thumbnail of Asesmen pada Raudhatul Athfal di Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Penting_removedn.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Asesmen formatif adalah asesmen yang digunakan sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Selama ini penelitian tentang asesmen formatif lebih banyak dilakukan di jenjang TK di bawah naungan Kemdikbud, sementara pada jenjang RA masih belum teridentifikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan asesmen formatif dalam pembelajaran berdiferesiasi di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen formatif yang diterapkan di RA Fathun Qarib berfungsi sebagai alat yang sangat berguna dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Meskipun tidak melakukan diferensiasi secara konten dan produk, namun diferensiasi proses yang diterapkan RA Fathun Qarib menciptakan pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa. Penelitian ini menambah literatur yang ada mengenai hubungan antara asesmen formatif dan pembelajaran berdiferensiasi, dan literatur tentang penggunaan asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada sekolah dibawah wewenang kemdikbud yang belum terindentifikasi sebelumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cut Maulida Rahmah TM |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:52 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44995 |