Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Zaitun Nisa, 210201094 (2025) Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik] Text (Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik)
Zaitun Nisa, 210201094, FTK, PAI, 082216493287.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik] Text (Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik)
Cover - BAB I Zaitun Nisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang cukup ramai diperbincangkan saat ini. Pendidikan tinggi telah banyak yang mulai memanfaatkan fungsi dari teknologi AI ini. Saat ini mahasiswa menggunakan teknologi AI ini untuk menunjang kegiatan perkuliahan mereka. Salah satunya mahasiswa prodi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh angkatan 2021, yang mengandalkan AI pembelajaran dalam memahami konsep mata kuliah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan Prestasi Akademik dan bagaimana Dampak AI dalam pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa prodi PAI UIN Ar- Raniry Banda Aceh angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara,
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki peran signifikan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, terutama dalam mempermudah akses informasi tentang pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, meningkatkan prestasi akademik, serta membantu mahasiswa prodi PAI angkatan 2021 dalam menyelesaikan tugas akademik. Namun, terdapat tantangan dalam penggunaan AI, seperti potensi menurunnya
daya analisis mahasiswa sehingga mahasiswa tidak berusaha untuk berfikir kritis, serta ketergantungan berlebihan terhadap AI dalam menyelesaikan tugas tanpa pemahaman mendalam. Dosen prodi PAI menegaskan bahwa AI harus digunakan secara bijak sebagai alat pendukung pembelajaran, bukan sebagai pengganti pemikiran kritis mahasiswa. Dengan demikian, penggunaan AI dalam pembelajaran memiliki dampak positif terhadap prestasi akademik
mahasiswa, terutama dalam hal efisiensi belajar dan akses terhadap
pembelajaran. Namun, diperlukan pengawasan dan regulasi untuk memastikan bahwa AI tidak mengurangi daya analisis mahasiswa dan tetap digunakan secara bijak sebagai alat pendukung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaitun Nisa
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:43
Last Modified: 02 Jun 2025 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45006

Actions (login required)

View Item
View Item