Lily Mukhlishah Attamy, 210201056 (2025) Penerapan Metode Kombinasi (Drill dan Tutor Sebaya) untuk Meningkatkan Keterampilan Bacaan Iqlab Santri di TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode Kombinasi (Drill dan Tutor Sebaya) untuk Meningkatkan Keterampilan Bacaan Iqlab Santri di TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Cetak_Lily_Mukhlishah_Attamy[1] full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
![[thumbnail of Penerapan Metode Kombinasi (Drill dan Tutor Sebaya) untuk Meningkatkan Keterampilan Bacaan Iqlab Santri di TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Cetak_Lily_Mukhlishah_Attamy[1] bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Keterampilan membaca iqlab sangat penting bagi santri TPQ, namun masih
ditemukan kekeliruan dalam merubah bunyi nun mati atau tanwin menjadi mirip
seperti bacaan mim, kurang tepat mendengungkannya, serta belum merenggangkan
bibir. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana penerapan metode kombinasi
(drill dan tutor sebaya) dalam meningkatkan keterampilan bacaan iqlab santri di
TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan (2) apakah metode kombinasi
(drill dan tutor sebaya) dapat meningkatkan keterampilan bacaan iqlab santri di
TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan metode kombinasi (drill dan tutor sebaya) tergolong kategori baik
sekali, dengan peningkatan persentase aktivitas ustadzah pada siklus I (75 %, baik),
dan pada siklus II menjadi 97,8 % (baik sekali). Sedangkan aktivitas santri pada
siklus I (78 %, baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 96,7 % (baik sekali).
Setelah penerapan metode kombinasi, terjadi peningkatan keterampilan bacaan
iqlab yaitu santri sudah menukarkan bunyi nun mati/tanwin menjadi mim,
mendengungkannya dan sudah merenggangkan bibir. Penelitian ini menunjukkan
bahwa metode kombinasi (drill dan tutor sebaya) dapat meningkatkan keterampilan
bacaan iqlab santri di TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lily Mukhlishah Attamy |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:33 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45052 |