Pengunaan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Pernapasan di Sma Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan

Syah Hamdani, 281324852 (2018) Pengunaan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Pernapasan di Sma Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Direct Instruction]
Preview
Text (Membahas tentang Model Direct Instruction)
Syah Hamdani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMA Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan masih berpusat pada guru, penggunaan model pembelajaran belum bervariasi dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Proses pembelajaran berpusat hanya pada guru sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu aktivitas siswa pada saat pembelajaran menjadi terbatas dan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model direct instruction pada materi sistem pernapasan di SMAN 1 Pasie Raja. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan bentuk On Group Pre test Post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 IPA SMAN 1 Pasie Raja yang terdiri dari 3 kelas yaitu: IPA1, IPA2 dan IPA3. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X1 IPA2 yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan untuk mengamati aktivitas siswa menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar pada pertemuan pertama 77,7% dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 94,4% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pree-test yaitu 32,41 dan nilai rata-rata post-test yaitu 78,79. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 18,40 dan ttabel = 2,048), sebagai H0 ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan di SMAN 1 Pasie Raja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Zuraidah, M.Si 2.Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model direct instruction, aktivitas, dan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Syah Hamdani
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:45
Last Modified: 14 Aug 2018 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item
View Item