Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar

Athaya Atsil Watsiqah, 210209007 (2025) Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar] Text (Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar)
SKRIPSI ATHAYA DONEEEEE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar] Text (Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan kelas II SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar)
SKRIPSI ATHAYA DONEEEEE - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Membaca adalah menyuarakan huruf yang berupa kata atau kalimat. Kemampuan membaca pada saat proses pembelajaran berlangsung sering ditemukan sebagai masalah. Penting bagi pengajar untuk kreatif dalam penggunaan media. Berdasarkan observasi wawancara dengan guru kelas II SDN Blang Bintang tingkat kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah terlihat pada saat proses belajar mengajar dan belum memenuhi KKTP yang ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui Penerapan Model kooperatif Picture and Picture berbantuan media flash card pada siswa kelas 2 SDN Blang Bintang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang di analisis menggunakan deskriptif persentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 78% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 96,42%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,15%, pada siklus II menjadi 94,61%. (3) Hasil tes membaca permulaan pada siklus I 69,23% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Athaya Atsil Watsiqah
Date Deposited: 08 May 2025 03:13
Last Modified: 08 May 2025 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45154

Actions (login required)

View Item
View Item