Nursina, 200209150 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EDIT_DISINI_SKRIPSI_NURSINA (Repaired) (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EDIT_DISINI_SKRIPSI_NURSINA (Repaired) (2) (1) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu komponen penting dalam pembicaraan yang harus dimiliki peserta didik. Terampil berbicara adalah melatih dan menuntut anak didik untuk dapat berkomunikasi. Namun ditemukan di SD Negeri 32 Banda Aceh masih ada siswa kurang percaya diri ketika presentasi di depan kelas, terlihat mereka malu-malu ketika di suruh guru maju ke depan dan masih merasa gugup sehingga menyebabkan keterampilan berbicara siswa masih kurang maksimal, oleh karena itu perlu diterapkan model kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru pada proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan II siklus dengan jumlah subjek 21 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai prsentase 67.14% dengan katagori baik, dan pada siklus II memperoleh nilai persentase 97.14 dengan katagori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai prsentase 65.37% dengan katagori cukup. Serta pada siklus II memperoleh nilai persentase 94.5% dengan katagori baik sekali. Keterampilan berbicara siswa pada siklus I 13 siswa yang tuntas dengan persentase 61.90% dengan katagori cukup, sedangkan 8 siswa lainnya tidak tuntas dengan persentase 38.09%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi siswa yang tuntas 18 siswa dengan persentase 85.71% dengan katagori baik sekali. Sedangkan 3 siswa lainnya tidak tuntas dengan persentase 14.28%. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh dengan mengunakan model tipe jigsaw dapat meningkatan keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nursina Nursina |
Date Deposited: | 06 May 2025 09:16 |
Last Modified: | 06 May 2025 09:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45175 |