Mila Salsabila, 200209092 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Tabel Perkalian Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Tabel Perkalian Pintar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I SKRIPSI MILA SALSABILA 200209092.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Tabel Perkalian Pintar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MILA SALSABILA 200209092.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di kelas IV MIN 16 Aceh Selatan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah karena kurangnya keaktifan dan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga tabel perkalian pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru pada saat mengajar dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga tabel perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 16 Aceh Selatan (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada saat belajar menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga tabel perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga tabel perkalian pintar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MN 16 Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik deskriptif sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,18%, siklus ke II meningkat menjadi 80,68%. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67,04%, siklus II meningkat menjadi 82,95%. Adapun mengenai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar 60%, siklus II meningkat menjadi 80% dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga tabel perkalian pintar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dikelas IV MIN 16 Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mila Salsabila |
Date Deposited: | 06 May 2025 09:25 |
Last Modified: | 06 May 2025 09:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45182 |