Arian Farmi, 210206044 (2025) Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Video Profil di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Manajemen Pemasaran Pendidikan dan Video Profil]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Arian Farmi, 210206044, FTK, MPI, 082262534371.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Manajemen Pemasaran Pendidikan dan Video Profil]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Arian Farmi, 210206044, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong lembaga pendidikan untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih inovatif. SMK Negeri 2 Banda Aceh memanfaatkan video profil sebagai sarana promosi pendidikan yang efektif untuk menarik minat calon siswa, orang tua, dan mitra industri.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembuatan video profil sebagai sarana promosi pendidikan, penggunaan video profil dalam promosi pendidikan, dan strategi yang digunakan dalam pemasaran pendidikan berbasis video profil di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembuatan video profil dimulai dengan perencanaan yang matang dan melibatkan tim khusus dari pihak internal dan eksternal sekolah. Tahapan meliputi penyusunan skenario berdasarkan visi misi sekolah, pengambilan gambar, pengeditan oleh pihak eksternal, dan evaluasi sebelum publikasi; (2) Penggunaan video profil dalam promosi pendidikan dilakukan melalui platform digital seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan situs web sekolah. Video profil efektif dalam meningkatkan jumlah pendaftar, mendapatkan respons positif dari masyarakat, dan menciptakan citra positif sekolah; (3) Strategi pemasaran pendidikan berbasis video profil di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh dirancang dengan ide-ide menarik dan profesional untuk menggambarkan identitas sekolah, disebarluaskan melalui berbagai platform digital, dan diperbarui secara berkala (1-2 tahun sekali) untuk memastikan informasi tetap relevan. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan daya tarik sekolah di kalangan orang tua, siswa, dan mitra industri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Arian Farmi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:52 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45209 |