Kontribusi Tenaga Kependidikan dalam Pelayanan Akademik di MIN 20 Aceh Besar

Rita Agustina, 210206040 (2025) Kontribusi Tenaga Kependidikan dalam Pelayanan Akademik di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kontribusi, Tenaga Kependidikan, Pelayanan Akademik] Text (Kontribusi, Tenaga Kependidikan, Pelayanan Akademik)
Rita Agustina, 210206040, FTK, MPI, 082276998064.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Kontribusi, Tenaga Kependidikan, Pelayanan Akademik] Text (Kontribusi, Tenaga Kependidikan, Pelayanan Akademik)
Rita Agustina, 210206040, FTK, MPI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kontribusi tenaga kependidikan dalam pelayanan akademik belum maksimal. Pengelolaan layanan akademik yang masih dilakukan secara manual memunculkan beberapa masalah yaitu seperti proses administrasi yang lamban, dan masalah untuk mengelola data siswa. Yang dapat berdampak pada kualitas layanan akademik. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran tenaga kependidikan dalam pelayanan akademik, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan akademik, serta untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kontribusi tenaga kependidikan dalam pelayanan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan cara pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Tata Usaha, dan Staff Tata Usaha. Data tersebut di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran tenaga kependidikan sebagai administrator, manajer, pemimpin, dan supervisor sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan akademik. Administrator bertanggung jawab atas pengorganisasian data siswa dan guru serta pengarsipan dokumen, sementara manajer berperan dalam merencanakan dan mengkoordinasikan aktivitas pendidikan. Pemimpin madrasah mengambil peran sentral dalam memberikan arahan dan menciptakan suasana kerja yang kondusif. (2) kendala yang dihadapi oleh tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan akademik seperti pengelolaan data yang macet disebabkan oleh kualitas jaringan internet yang tidak stabil, serta sistem pengarsipan yang manual. Selain itu, proses distribusi surat dan legalisir dokumen terhambat oleh antrian panjang dan ketidaklengkapan berkas, sementara pengadaan alat dan bahan pembelajaran terpengaruh oleh batasan anggaran. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kontribusi tenaga kependidikan dalam pelayanan akademik yaitu pemberian pelatihan khusus bagi tenaga kependidikan dibagian administrasi sangat diperlukan, guna untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan data, penggunaan teknologi informasi, dan prosedur administrasi yang efisien. Dengan implementasi pelatihan yang terstruktur, diharapkan kualitas pelayanan akademik dapat meningkat secara signifikan, menciptkan lingkungan pendidikan yang lebih responsive terhadap kebutuhan akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rita Agustina
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:49
Last Modified: 02 Jun 2025 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45211

Actions (login required)

View Item
View Item