Putri Ramzania, 210206039 (2025) Penyusunan Program Kerja Tahunan Kepala Madrasah Dalam Peningkatkan Mutu di MIN Paya Seunara Kota Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Program Kerja Tahunan, Kepala Madrasah, Hambatan, Peningkatan Mutu Pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Ramzania, 210206039, FTK, MPI, 087818790737.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Program Kerja Tahunan, Kepala Madrasah, Hambatan, Peningkatan Mutu Pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Ramzania, 210206039, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Perancangan program kerja tahunan memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan aktivitas madrasah dengan sasaran pendidikan nasional, menjamin penggunaan sumber daya yang efisien, serta mendorong manajemen madrasah yang terbuka dan bertanggung jawab. Tujuan Penelitian ini untuk untuk dapat merumuskan program kerja tahunan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MIN Paya Seunara Kota Sabang dan untuk dapat mengetahui hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam melaksanakan program kerja tahunan untuk peningkatan mutu di MIN Paya Seunara Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah MIN Paya Seunara, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah bertanggung jawab atas kebijakannya dalam penyusunan program kerja dalam peningkatkan mutu di madrasah, sementara Wakil Kepala Madrasah mengelola administrasi dan operasional, Staf Tata Usaha menangani administrasi madrasah, sedangkan guru bertugas melaksanakan pembelajaran dan membimbing siswa. Dalam penyusunan program kerja tahunan menghadapi berbagai hambatan yaitu hambatan internal yang meliputi keterbatasan sumber daya manusia dalam perencanaan strategis, keterbatasan anggaran serta kurangnya data akurat tentang perkembangan siswa. Hambatan eksternal mencakup kurangnya dukungan dari pihak terkait, serta rendahnya partisipasi tenaga pendidik dan masyarakat. Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan strategi komprehensif, seperti peningkatan kapasitas manajerial, pemanfaatan teknologi, dan penguatan kolaborasi dengan berbagai pihak. Evaluasi program dilakukan secara berkala melalui pemantauan, analisis data, serta diskusi dengan tim manajemen untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi. Hasil evaluasi ini menjadi dasar perbaikan program guna memastikan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan di madrasah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Putri Ramzania |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:58 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45223 |