Pola Pembinaan Karakter Peserta Didik Di SMA PKPU dan SMA Labschool Unsyiah

Shadiqin, 191002005 (2025) Pola Pembinaan Karakter Peserta Didik Di SMA PKPU dan SMA Labschool Unsyiah. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembinaan Karakter Siswa] Text (Pembinaan Karakter Siswa)
Shadiqin Full Disertasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pembinaan Karakter Siswa] Text (Pembinaan Karakter Siswa)
Potong Disertasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan karakter terhadap peserta didik mutlak diperlukan dalam dunia pendidikan. Berbeda sistem kelembagaan berbeda pola. Akan tetapi, bukan berarti tidak akan mampu mewujudkan tujuan yang sama. Oleh karena demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pola pembinaan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan karakter pribadi di SMA PKPU dilakukan dengan pola pendampingan guru berupa pendekatan personal, guru menjadi orang tua kedua siswa, keteladanan dan arahan serta sanksi sebagai alternatif terakhir. Adapun pola pembinaan karakter pribadi di SMA Labschool Unsyiah, pendisiplinan dalam ketepatan waktu, ketepatan pengerjaan tugas yang diberikan guru dan menjalin kerja sama dengan penyedia fasilitas pengembangan kreativitas siswa. Adapun pola pembinaan karakter sosial di SMA PKPU, yaitu; peduli lingkungan bersih dan penyediaan tempat sampah yang memadai, pola pengaktifan kerja sama sesama siswa dalam mengerjakan kegiatan rutinitas pondok dan sekolah serta pola kunjungan ke makam-makam pahlawan. Adapun pola pembinaan karakter sosial di SMA Labschool Unsyiah dengan penghijauan mingguan dan bulanan di sekitar sekolah, lingkungan bersih, pengerjaan tugas kelompok, baik di dalam atau di luar kelas dan mengikutsertakan siswa pada peringatan hari besar nasional. Adapun kendala yang dihadapi pihak sekolah, baik itu SMA PKPU atau SMA Labschool Unsyiah, di antaranya; minim pengetahuan agama keluarga siswa, pergaulan, dan lingkungan kurang baik. penggunaan teknologi informasi yang tidak terkontrol dan pergaulan siswa di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. T. Zulfikar, M. Ed 2. Dr. Salami, MA
Uncontrolled Keywords: Pola pembinaan karakter, SMA PKPU, SMA Labschool Unsyiah dan kendala
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shadiqin Shadiqin
Date Deposited: 06 May 2025 03:34
Last Modified: 06 May 2025 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45240

Actions (login required)

View Item
View Item