Desain Media Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Articulate Storyline Berbasis Intertekstual di SMA Negeri 1 Meukek

Putroe Salsabil, 200208017 (2025) Desain Media Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Articulate Storyline Berbasis Intertekstual di SMA Negeri 1 Meukek. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Intertekstual] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Intertekstual)
Putroe Salsabil, 200208017, FTK, PKM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Intertekstual] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Intertekstual)
SKRIPSI_Putroe Salsabil 200208017 (Cover - Bab 1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Desain media pembelajaran sistem koloid menggunakan Articulate Storyline berbasis intertekstual di SMA Negeri 1 Meukek dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep-konsep terkait perberbedaan antara simbolik, sub makrokopis dan submikrokopis pada materi sistem koloid dalam proses pembelajaran dikarenakan tidak adanya visualisasi yang jelas sehingga diperlukan alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui validitas desain media pembelajaran sistem koloid menggunakan Articulate Storyline berbasis intertekstual di SMA Negeri 1 Meukek (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap desain media pembelajaran sistem koloid menggunakan Articulate Storyline berbasis intertekstual di SMA Negeri 1 Meukek. Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Meukek yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi oleh 3 validator serta angket respon peserta didik yang disebarkan kepada peserta didik subjek penelitian. Hasil penelitian diperoleh yaitu: (1) hasil validasi dari ketiga validator diperoleh nilai persentase rata-rata adalah 91% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil respon peserta didik diperoleh persentase yaitu 90,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa desain media pembelajaran sistem koloid menggunakan Articulate Storyline berbasis intertekstual sangat valid untuk digunakan pada proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Meukek dan mendapatkan respon peserta didik yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Putroe Salsabil
Date Deposited: 08 May 2025 08:22
Last Modified: 08 May 2025 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45296

Actions (login required)

View Item
View Item