Kautsar, 170602200 (2024) Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Soba House Space Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Strategi, Pemasaran, Syariah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kautsar, 170602200, FEBI, ES, 082246927255.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Strategi, Pemasaran, Syariah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kautsar, 170602200, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Usaha bisnis makanan dan minuman dapat dikatakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat cerah ditambah lagi tempat usahanya yang dibuat modern mengikuti zamannya anak muda zaman sekarang yang kekinian. Oleh karena itu usaha pada Soba House Space Banda Aceh dalam meningkatkan volume penjualan tidak hanya menerapkan konsep strategi pemasaran konvensional, tetapi juga menerapkan strategi pemasaran syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran syariah mengetahui tantangan yang muncul saat pelaksanaan persaingan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari tinjauan ekonomi syari’ah langkah pemasaran yang dilakukan oleh Soba House Space dalam mengimplementasikan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan konsep pemasaran islami. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak memberatkan kedua belah pihak, lokasi usaha dan tempat usaha yang mendukung pelaksanaan wisata syariah serta lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen, promosi yang dilakukan dengan menerapkan prinsip kejujuran dan kebenaran sesuai etika bisnis islam. Sedangkan tantangan utama dalam penerapan strategi pemasaran Islam dalam upaya meningkatkan penjualan pada Soba House Space yaitu disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor secara internal dan faktor eksternal namun secara pelaksanaannya yang paling utama faktor munculnya tantangan disebabkan melalui faktor eksternal yaitu munculnya persaingan bisnis pada jenis usaha yang sama, mudahnya ditiru bisnis dan terbatasnya produksi produk.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Kautsar Kautsar |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45316 |