Izzatussyakira, 210201048 (2025) Pengembangan E-modul Interaktif Pada Materi Umrah Untuk Peserta Didik Kelas V MI. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengembangan E-modul Interaktif Pada Materi Umrah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Fix_Izzatussyakira_Revisi Pasca Sidang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
![[thumbnail of Pengembangan E-modul Interaktif Pada Materi Umrah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover - BAB I Izzatussyakira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Pengembangan e-modul interaktif pada materi umrah dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar berbasis elektronik pada mata pelajaran agama, khususnya materi umrah. Selama ini pendidik hanya menggunakan bahan ajar cetak yang kurang bervariasi, sehingga 60% peserta didik menganggap materi umrah sulit untuk dipahami karena kurangnya sumber ajar. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar inovatif berbasis elektronik agar pembelajaran lebih menarik dan efektif. Rumusan masalah pada penelitian meliputi (1) bagaimana pengembangan bahan ajar berbasisi e-modul interaktif pada materi umrah; dan (2) bagaimana hasil validasi bahan ajar berbasis e-modul interaktif yang dikembangakan pada materi umrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul interaktif pada materi umrah untuk peserta didik kelas V MI serta untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul berdasarkan hasil uji validitas. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode R&D dan model pengembangan Alessi & Trollip yang mencakup tiga tahap, yaitu (1) planning (perencanaan); (2) design (perancangan); dan (3) development (pengembangan). Subjek penelitian ini berupa peserta didik kelas V digital MIN 11 Banda Aceh, pendidik mata pelajaran fikih dan validator ahli. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Instrumen penelitian berupa angket analisis kebutuhan peserta didik dan lembar uji validitas pada bidang media, materi dan bahasa. Teknik analisis berupa kualitatif deskriptif. Hasil validasi menunjukkan 95% pada bidang media dengan kategori sangat layak, 96% dari bidang materi dengan kategori sangat layak dan 77% pada bidang bahasa dengan kategori layak. Dengan demikian, E-modul Interaktif pada materi umrah untuk peserta didik kelas V MI layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas maupun secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Izzatussyakira Izzatussyakira |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45326 |