Siti Rukaiyah, 210206034 (2025) Pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bismillah skripsi setelah sidang menuju yudis(siti rukaiyah).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bismillah skripsi setelah sidang menuju yudis(siti rukaiyah) - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan salah satu unsur penting untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan kelas tentu mengharuskan guru untuk memiliki keterampilan baru dalam mengelola pembelajaran, seperti menggunakan alat-alat digital, dan memfasilitasi kolaborasi dengan peserta didik. permasalahan dalam pengelolaan kelas digital di MTsN 4 Banda Aceh mencakup masalah teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil, apabila terjadi pemadaman listrik, perangkat pembelajaran (laptop) terkadang lambat, dan adapun masalah lain terdapat pada kurang tepatnya cara perekrutan siswa kelas digital, siswa yang tidak disiplin dalam penggunaan perangkat dan juga beberapa siswa yang kesulitan dalam penggunaan teknologi, sehingga akan berdampak pada jalannya proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh. Untuk mengetahui pelaksanaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh . Untuk mengetahui kendala yang di hadapi pada pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh, dimulai dari setiap awal tahun ajaran baru dengan membuka pendaftaran peserta didik baru. Akan tetapi sistem peyeleksian peserta didik baru masih kurang maksimal. Adapun sekolah menugaskan seorang guru pendamping yang selalu berada dalam kelas untuk membantu siswa yang kiranya kesulitan dalam pembelajaran digital. (2) Perlaksanaan pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh, dilakukan oleh guru yang terpilih untuk mengajar kelas digital dengan menggunakan platform jelajah ilmu dalam proses belajar mengajar. dalam pelaksanaan kelas digital siswa membawa perangkat pembelajaran(laptop) sendiri dari rumah. (3) Kendala pengelolaan kelas digital dalam proses belajar mengajar di MTsN 4 Banda Aceh terdapat pada Faktor masalah teknis, seperti lambatnya koneksi Wi-Fi, kemadaman listrik, dan performa perangkat laptop tidak optimal. Adapun kendala lain ada pada faktor internal siswa sering melanggar aturan dan disiplin yang telah ditetapkan oleh sekolah, maka dari itu sekolah memutuskan untuk tidak melanjutkan program kelas digital di tahun ajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Rukaiyah |
Date Deposited: | 07 May 2025 07:36 |
Last Modified: | 07 May 2025 07:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45327 |