Hayatul Husna, 210202010 (2025) Penggunaan Metode Habituasi Dalam Pembelajaran Muhaddsah di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penggunaan Metode Habituasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REVISI SKRIPSI BAHASA ARAB (HAYATUL HUSNAAAAAAAAAA)07.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Penggunaan Metode Habituasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REVISI SKRIPSI BAHASA ARAB (HAYATUL HUSNAAAAAAAAAA)07 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Adapun permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa arab di Ma’had Babul Magfirah Aceh Besar kelas 2(A) Tsanawiyyah adalah para guru tidak menggunakan metode yang dapat memudahkan siswi dalam muhaddasah, oleh karenanya, sebagian dari siswi belum benar dalam melafalkan huruf dan mempraktekkan percakapan dengan intonasi yang tepat. Akibatnya para siswi merasa sulit dalam percakapan sehari-hari serta merasa bosan dalam pembelajaran Bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas dan respon siswi terhadap penggunaan metode habituasi dalam pembelajaran muhaddasah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design dan Peneliti menggunakan soal pre-test, post-test dan angket sebagai instrument dalam mengumpulkan data. Adapun hasil penggunaan metode ini Efektif untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam pembelajaran muhaddasah, berdasarkan hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 dimana hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Adapun hasil respon siswi terhadap penggunaan metode ini adalah Positif, dimana peneliti memperoleh hasil respon positif 92% dan respon Negatif 8%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Hayatul Husna |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45329 |