Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard untuk Penguasaan Kosakata Siswa di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar

Muntazira, 210202214 (2025) Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard untuk Penguasaan Kosakata Siswa di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard] Text (Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard)
skripsi zira 1-5 fixsssss.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard] Text (Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard)
skripsi zira 1-5 fixsssss - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Dayah Babul Maghfirah, Aceh Besar, diketahui bahwa para siswa belum menguasai kosakata dengan baik, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode langsung dengan menggunakan kartu bergambar (flashcard) untuk membantu siswa dalam menguasai kosakata."Penelitian ini berjudul "Keefektifan Penerapan Metode Langsung dengan Menggunakan Flashcard untuk Penguasaan Kosakata Siswa di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode langsung dengan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar dengan jumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata siswa dari 66,59 (pre-test) menjadi 87,95 (post-test). Uji statistik menggunakan Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa penggunaan flashcard secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata dan respon siswa terhadap penerapan metode langsung menggunakan flashcard dalam pembelajaran siswa. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 92% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan flashcard. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode langsung menggunakan flashcard efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di Ma’had Babul Maghfirah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muntazira Muntazira
Date Deposited: 06 May 2025 03:56
Last Modified: 06 May 2025 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45362

Actions (login required)

View Item
View Item