Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum

Ulfa Fenisarah, 170213042 (2024) Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum] Text (Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum)
Ulfa Fenisarah, 170213042, FTK, BK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum] Text (Hubungan Self-Dissatification dan Self-Actualization Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Ulum)
Cover - BAB I ULFA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Remaja pada fase ini mengalami ketidak stabilan personal, pencarian identitas, munculnya ketakutan, serta banyak permasalahan remaja lainnya yang muncul pada fase ini. Kondisi yang demikian akan sangat sulit dihadapi oleh seluruh siswa. siswa masih kurang dalam hal self actualization dan siswa juga menjadi kurang puas dengan diri mereka sendiri sehingga menyebabkan prestasi belajar menurun. Fenomena yang terjadi pada siswa yang tidak adanya self actualization menyebabkan kemunduran dalam pembelajaran maupun di kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan self-dissatisfaction dan Self-actualization terhadap prestasi belajar siswa di MTsS Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel penelitian berjumlah 89 siswa, Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur aspek-aspek self dissatifaction, dan self actualization. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara variabel-variabel tersebut. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis dari data penelitian ini, maka diperoleh hasil yaitu menunjukkan bahwa terdapat koefisien regresi negatif antara variabel budaya keluarga dan motivasi belajar siswa (0,063), yang mengindikasikan bahwa self dissatisfaction tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar. Sebaliknya, koefisien regresi positif antara self actualization dan prestasi belajar siswa (0,048) menunjukkan bahwa self actualization yang tinggi secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa di Siswa MTsS Darul Ulum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ulfa Fenisarah
Date Deposited: 07 May 2025 03:34
Last Modified: 07 May 2025 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45371

Actions (login required)

View Item
View Item