Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Suka Makmur Aceh Tamiang

Annisa Melianda, 210201049 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Suka Makmur Aceh Tamiang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make a Match] Text (Penerapan Model Pembelajaran Make a Match)
SKRIPSI_ANNISA__DONE - Copy (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make a Match] Text (Penerapan Model Pembelajaran Make a Match)
SKRIPSI_ANNISA__DONE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi dalam praktik pendidikan konvensional seringkali masih didominasi oleh pendekatan berpusat pada guru (teacher centered), sementara siswa lebih banyak berperan sebagai pendengar dan penerima informasi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi model pembelajaran dan sarana yang kurang memadai seperti media pembelajaran. Umumnya dalam proses pembelajaran guru banyak menggunakan metode ceramah. Meskipun metode ceramah memiliki keunggulan dalam efisiensi penyampaian materi, dominasi penggunaannya yang berlebihan dapat membatasi partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran make a match ini menjadi pilihan yang diterapkan oleh peneliti yang telah terbukti efektif pada penelitian sebelumnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas VI di SDN Suka Makmur dan bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran make a match tersebut. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 15 siswa (57,69 %) yang tuntas belajar, sementara siklus II, 21 siswa (80,76 %) tuntas belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran ilmu tajwid SDN Suka Makmur Aceh Tamiang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Melianda
Date Deposited: 06 May 2025 09:20
Last Modified: 06 May 2025 09:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45432

Actions (login required)

View Item
View Item