Ridayu, 200209128 (2025) Efektivitas Metode Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Labuhan Haji. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Efektivitas Metode Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Labuhan Haji]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi TERLENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Efektivitas Metode Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Labuhan Haji]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi TERLENGKAP - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Pembelajaran yang menarik merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran yang dilakukan tidak menarik dapat membuat peserta didik bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan metode bamboo dancing agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode bamboo dancing tersebut merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan interaksi aktif antar siswa dalam berpasangan untuk bertukar informasi dan memperdalam materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Labuhan Haji. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Peneliti memberikan soal tes berupa pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data siswa diberikan soal tes awal dan tes akhir, kemudian untuk data tersebut dianalisis dengan uji t yaitu paired sample test menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 24. Hasil Belajar Siswa dilihat dari rata-rata pre-test dikelas kontrol yaitu sebesar 35,20 dan rata-rata posttest 52,80 sedangkan dikelas eksperimen pretest sebesar 34,40 dan posttest sebesar 88,80. Hasil uji t diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 0,804 > 0,05. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode bamboo dancing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ridayu Ridayu |
Date Deposited: | 07 May 2025 07:13 |
Last Modified: | 07 May 2025 07:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45453 |