Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar untuk Meningkatkan Pembelajaran PAI Pada Peserta Didik

Fitrah Muthmainnah, 210201103 (2025) Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar untuk Meningkatkan Pembelajaran PAI Pada Peserta Didik. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar] Text (Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar)
Fitrah Muthmainnah, 210201103, FTK, PAI,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar] Text (Optimalisasi Pelaksanaan Program Diniyah SD Negeri Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar)
COVER - BAB I MUTHMAINNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program Diniyah merupakan sebuah sistem pendidikan terpadu yang dirancang oleh Dinas Pendidikan sebagai tambahan waktu pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI), dengan tujuan untuk menanamkan pemahaman nilai-nilai Islam secara mendalam dan membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia.
Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai tantangan dalam mengoptimalkan program ini, seperti waktu pelaksanaan di siang hari yang membuat peserta didik kelelahan dan metode pembelajaran yang menoton tanpa media, yang berdampak pada rendahnya semangat dan minat belajar mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam mengoptimalkan Program Diniyah serta strategi yang diterapkan untuk mengatasi hambatanhambatan
tersebut. Secara teoritis, penelitian ini mengacu pada konsep optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan strategi aktif dan media pembelajaran yang efektif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi (triangulasi data). Kemudian melakukan analisis data untuk mengidentifikasi pola strategi yang diterapkan oleh guru diniyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru, seperti penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, pemanfaatan media pembelajaran, serta evaluasi yang sistematis, mampu mengoptimalkan Program Diniyah. Hal ini berdampak positif pada peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi PAI serta penguatan nilainilai keislaman dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email fitrah@student.ar-raniry.ac.id
Date Deposited: 07 May 2025 08:27
Last Modified: 07 May 2025 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45460

Actions (login required)

View Item
View Item