Anrival Arrasyid, 210201258 (2024) PENERAPAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADIST PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH ULUMUL QURAN (MUQ) PAGAR AIR BANDA ACEH. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of membahas tentang untuk meningkatkan hasi belajar quran hadis pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (974kB)
![[thumbnail of membahas tentang untuk meningkatkan hasi belajar quran hadis pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi full ipal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan obsevasi di Madrasah Aliyah Ulumul Quran (Muq) Pagar Air Banda Aceh tepatnya di kelas XI peneliti menemukan beberapa permasalahan, masih banyak siswa belum menguasai materi pembelajaran, dan juga nilai yang diperoleh siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan (75). Untuk menyelesaikan masalah di atas maka peneliti mencoba
menggunakan metode pembelajaran Gamifikasi. Melalui metode ini peneliti membimbing siswa memecahkan masalah, menemukan ide-ide baru serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Gamifikasi pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru di kelas XI
Madrasah Aliyah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Banda Aceh, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Gamifikasi dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI Madrasah Aliyah
Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Banda Aceh, (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Gamifikasi kelas XI
Madrasah Aliyah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 90% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92% dengan kategori baik, (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 88% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% dengan kategori baik, (3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 85%. Berdasarkan data tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran Gamifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru di kelas XI Madrasah Aliyah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anrival Arrasyid |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:06 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45465 |