Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar

Musfina, 200202085 (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar)
MUSFINA - تطوير ورقة العمل بطريقة CIRC في تدريس القراءة دراسة البحث والتطوير (1) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)
[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan metode CIRC dalam Pembelajaran Qira’ah “Studi Penelitian dan Pengembangan” di MTsN 2 Aceh Besar)
MUSFINA - تطوير ورقة العمل بطريقة CIRC في تدريس القراءة دراسة البحث والتطوير (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan lembar kerja CIRC dan keefektifannya dalam pembelajaran membaca, khususnya untuk membaca pemahaman. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumen, kuesioner, observasi, dan tes, dan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKS CIRC terdiri dari lima langkah, yaitu: 1) Analisis: Guru jarang menggunakan LKS dalam proses pembelajaran, dan LKS yang digunakan adalah LKS yang hanya berisi soal-soal sederhana. 2) Desain: Microsoft Word 2010 digunakan untuk mendesain produk. 3) Pengembangan: Mengembangkan LKS dengan langkah-langkah CIRC dan memvalidasinya dari segi isi, bahasa, dan desain, dengan hasil validasi mendapat nilai "Sangat Baik". 4) Implementasi: Mengevaluasi penerapan LKS yang dikembangkan kepada 25 siswa dalam pembelajaran membaca, dan hasil validasi produk dalam pembelajaran mendapat penilaian "sangat baik". 5) Evaluasi: Penggunaan lembar kerja CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Musfina Musfina
Date Deposited: 20 May 2025 03:41
Last Modified: 20 May 2025 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45614

Actions (login required)

View Item
View Item