Muhammad Arif, 180202229 (2025) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Kesulitan belajar, Bahasa Arab, Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Arif, 180202229, FTK, PBA, 082274647659.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Kesulitan belajar, Bahasa Arab, Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Arif, 180202229, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama mahasiswa terletak pada penguasaan aspek nahwu, shorof, dan perbendaharaan kosakata. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu belajar, kurangnya kesempatan praktik berbicara, serta motivasi belajar yang rendah. Adapun faktor pendukung meliputi metode pengajaran yang bervariasi, ketersediaan sumber belajar, dan dukungan teman sebaya melalui diskusi kelompok. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan praktik berbicara dalam pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk mengatasi kesulitan yang ada.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Arif |
Date Deposited: | 22 May 2025 05:22 |
Last Modified: | 22 May 2025 05:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45671 |