Strategi Guru PAI Dalam Menangani Bullying Di SMP Negeri 2 Manggeng

Nadia Ulfatun Afkar, 210201165 (2025) Strategi Guru PAI Dalam Menangani Bullying Di SMP Negeri 2 Manggeng. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 16 (1): 148. pp. 242-252. ISSN 2580-1058

[thumbnail of Strategi Guru PAI Dalam Menangani Bullying Di SMP Negeri 2 Manggeng] Text (Strategi Guru PAI Dalam Menangani Bullying Di SMP Negeri 2 Manggeng)
Nadia Ulfatun Afkar, 210201165, FTK, PAI, 081265132826.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Bullying merupakan masalah serius di lingkungan sekolah yang berdampak negatif terhadap perkembangan mental dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru pendidikan agama islam dalam menangani perilaku bullying di SMP Negeri 2 Manggeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi penguatan karakter melalui kegiatan keagamaan seperti muhadharah dan kajian rutin. Guru juga melakukan pendekatan langsung kepada pelaku dan korban bullying serta bekerjasama dengan pihak sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang aman. Strategi lain yang diterapkan meliputi bimbingan moral, pengawasan, motivasi, dan pemberian sanksi kepada pelaku. Pada strategi ini terdapat kendala yang dihadapi rendahnya kesadaran siswa terhadap nilai agama serta kurangnya dukungan dari lingkungan sosial. Penelitian ini sangat menegaskan pentingnya peran guru PAI dalam membentuk karakter dan mencegah perilaku bullying di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Ulfatun Afkar
Date Deposited: 28 May 2025 07:45
Last Modified: 28 May 2025 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45734

Actions (login required)

View Item
View Item