Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di MIN 20 Tungkop Aceh Besar

Ajrin Karim, 200201075 (2024) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di MIN 20 Tungkop Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Membina Karakter Siswa] Text (Strategi Guru Dalam Membina Karakter Siswa)
Ajrin Karim, 200201075, FTK, PAI, 082376380028.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Strategi Guru Dalam Membina Karakter Siswa] Text (Strategi Guru Dalam Membina Karakter Siswa)
Skripsi Ajrin Karim (200201075) Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Karakter siswa merupakan salah satu bagian dari akhlak yang menunjukkan perilaku atau watak seorang siswa. Namun ada saat dimana siswa tersebut belum bertindak sesuai dengan karakter yang baik terutama dalam karakter tanggung jawab, karena dari beberapa karakter yang dimiliki siswa karakter tersebutlah yang bisa kita amati secara langsung dalam tindakannya, untuk itu diperlukannya pembinaan yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di MIN 20 Aceh Besar dengan tujuan untuk mengetahui: Bagaimana perencanaan guru akidah akhlak dalam pembinaan karakter tanggung jawab pada siswa?, Bagaimana pelaksanaan guru akidah akhlak dalam membina karakter tanggung jawab pada siswa?, Apa saja kendala yang dialami guru akidah akhlak dalam membina karakter tanggung jawab pada siswa?. Metode penelitian skripsi ini adalah metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan tela’ah dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan guru menyesuaikan program madrasah minat bakat dan pembelajran didalam kelas, dalam hal pelaksanaan selain ikut serta mengawasi siswa dalam kegiatan minat bakat guru juga melakukan berbagai inovasi dalam pembelajaran untuk membina karakter tanggung jawab pada siswa dan kendala yang dialami guru akidah akhlak adalah kurang bersinerginya antara guru dengan orang tua siswa dan jumlah siswa yang terlalu banyak dalam kelas sehingga guru mengalami kesulitan dalam melakukan pembinaan tersebut. Hal yang dilakukan pihak sekolah dan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan melakukan musyawarah dengan orang tua yang dilakukan setiap satu semester untuk menyampaikan upaya yang harus ikut dilakukan orang tua dalam membina karakter tanggung jawab siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ajrin Karim
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:41
Last Modified: 02 Jun 2025 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45736

Actions (login required)

View Item
View Item