MUHAMMAD HAVEZY RANSENA, 180205044 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP/MTs. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.
![[thumbnail of PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar adalah bagian terpenting dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika dapat membekali siswa agar bisa berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta dapat membentuk kemandirian dan terdapat kemampuan untuk bekerja sama. Namun pada kenyataannya berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada kelas X di SMP Negeri 9 Banda Aceh diperoleh data yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) siswa SMP/MTs dengan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas X di SMP Negeri 9 Banda Aceh sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan kriteria pengujian “Jika t_hitung>t_tabel tolak H_0 dan terima H_1. Jika t_hitung≤t_tabel terima H_0 tolak H_1”. Oleh karena t_hitung>t_tabel yaitu 5,77>1,70, maka terima H_0 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih baik dari yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Havezy Ransena |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:18 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45793 |